Musyawarah Pemuktahiran Data ( Sustainble Development Goals) SDGs Desa

I MADE GELGEL SANIYASA 01 April 2021 22:46:49 WITA

Musyawarah Pemuktakhiran Data Desa SDGs terlaksana pada hari ini kamis 1 April 2021 yang bertempat di Kantor Desa Nagasepaha. Dalam Agenda Rapat ini membahas Pembentukan Tim Relawan SDGs, serta refokusing anggaran untuk kegiatan pendataan Data SDGs. SDGs (Sustainable Development Goals) merupakan upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa Ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa Peduli Lingkungan, Desa peduli Pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring dan Desa tanggap Budaya untuk percepatan pencapaian. Dalam bhasa kerenya Sustainble Development Goals disingkat SDGs. SDGs Desa merupakan role pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2021. 

Dalam rapat ini para undangan Ketua BPD bersama anggota, Bapak Babhinkamtibmas, Kelian Desa Adat, Ketua BPD, Perwakilan Karangtaruna, Pendamping Desa, serta Perbekel bersama staf Pemerintahan Desa Nagasepaha, membahas tentang SDGs Desa serta Pembentukan Tim Relawan pendata SDGs ke masyarakat. Upaya pencapaian SDGs Desa dalam situasi dan kondisi Pandemi Covid_19 tidaklah mudah karena itulah pembangunan dana desa 2021 diperioritaskanuntuk membiyai kegitan yang mendukung pencaoaian 10 (Sepuluh) SDGS Desa yang berkaitan dengan  kegiatan pemulohan ekonomi nasional, program prioritas nasional , dan adaptasi kebiasaan baru desa. adapun sepuluh SDGs di maksud dalam situasi dan kondisi Pandemi Covid_19 ialah :

  1. Desa Tanpa Kemiskinan
  2. Desa Tanpa Kelaparan
  3. Desa Sehar Sejahtera
  4. Keterlibatan Perempuan Desa
  5. Desa berebergi bersih dan terbarukan
  6. Pertumbuhan Ekonomi Desa merata
  7. Konsumsi dan Produksi Desa sadar Lingkungan
  8. Desa damai keadilan
  9. Ke itraan untuk Pembangunan Desa
  10. Kelmbagaan Desa dinamis dan budaya desa adaptif

Penginputan Data SDGs Desa ini melalui sebuah Aplikasi yang ada di Handpone android, dimana nanti Tim relawan di bentuk oleh Desa serta di buatkan SK dan di berikan Unser name serta pasword untuk masuk penginputan di aplikasi SDGs serta kinerjanya tim relawan harus turun kelapangan. Program ini sangat bagus dalam menentukan Pembangunan berkelanjutan di Desa maupun di internasional karna semua data yang ada sudah masuk dalam aplikasi SDGs. Dalam Musyawarah ini sudah terbentuk 8 orang tim relawan yang akan siap turun kelapangan mencari data di masing-masing Keluarga. Perbekel Nagasepaha I Wayan Sumeken, S.Sos dalam pemyampaianya semoga Program ini dapat mendata semua masyatakat di Desa serta nanti data yang terkait dengan masyarakat pendataanya menjadi lebih mudah dan valid untuk pembangunan berkelanjutan serta pemulihan ekonomi.  

Komentar atas Musyawarah Pemuktahiran Data ( Sustainble Development Goals) SDGs Desa

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Nagasepaha

tampilkan dalam peta lebih besar